|
Senin, 16 Sep 2024
  • PERKULIAHAN Semester GENAP 2023/2024 : 19 Februari - 19 Juni 2024
X

Empat Dosen Prodi Statistika FMIPA UNSOED Ikuti Musyawarah Kerja Wilayah V Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT)

[unsoed.ac.id., Kamis, 08/08/24]. FORSTAT merupakan organisasi yang beranggotakan perguruan tinggi – perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Statistika atau Program Studi lainnya yang di dalamnya terdapat bidang minat/bidang kajian Statistika. Saat ini, anggota FORSTAT di seluruh Indonesia tercatat sejumlah 64 pergurunan tinggi dengan Universitas Jenderal Soedirman sebagai anggota yang termuda. Penerimaan secara resmi keanggotaan Prodi Statistika FMIPA UNSOED dalam FORSTAT adalah pada tanggal 25 Juli 2024, berdasarkan Surat No. 43/FPTSI/VII/2004 yang ditandatangani oleh Ketua FORSTAT, Dr. Ir. Bagus Sartono, M.Si. tertanggal 30 Juli 2024.

Dalam jejaring FORSTAT, terdapat enam Wilayah Kerja yang masing-masing diketuai oleh Wakil Ketua FORSTAT.  Prodi Statistika FMIPA UNSOED tergabung dalam Wilayah Kerja V meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Saat ini terdapat 11 perguruan tinggi yang bernaung pada Wilayah Kerja V yang dipimpin Dr. Edy Widodo dari Prodi Statistika UII Yogyakarta.

Pada Kamis tanggal 8 Agustus 2024 Wilayah Kerja V mengadakan Musyawarah Kerja Wilayah V (MUSKERWIL V) yang diselenggarakan di Program Studi Statistika Universitas Diponegoro, Semarang. Dalam MUSKERWIL tersebut, Prodi Statistika UNSOED diwakili oleh Kaprodi Statistika Agung Prabowo, S.Si., M.Si.; Kepala Laboratorium Statistika Bisnis dan Asuransi Supriyanto, S.Si., M.Si.; Sekretaris Jurusan Matematika Dr. Nunung Nurhayati, S.Si.M.Si.; dan Dekan FMIPA Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D.

Agenda MUSKERWIL adalah pemaparan Wakil Ketua FORSTAT Wilayah V tentang pokok-pokok acara MUSKERWIL terkait dengan tri dharma perguruan tinggi, dilanjutkan dengan sesi paralel yang terbagi dalam 4 kelompok/bidang. Keempat dosen Statistika UNSOED didistribusikan ke dalam masing-masing kelompok meliputi Bidang Jurnal Ilmiah, Bidang Penelitian dan Pengabdian, Bidang Kependidikan dan Bidang Kerjasama. Sesi paralel masing-masing kelompok diakhiri setelah setiap kelompok memperoleh kesimpulan dari hasil diskusinya. Kesimpulan hasil diskusi selanjutnya dipaparkan di depan seluruh peserta yang hadir untuk menjadi kesepakatan bersama dan sebagai pedoman kerja pada periode 2024 s.d. 2025.

MUSKERWIL diakhiri dengan pemilihan Panitia Pelaksana MUSKERWIL V Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT) tahun 2025, dan secara aklamasi Prodi Statistika UNSOED diberi mandat sebagai penyelenggara (tuan rumah) MUSKERWIL 2025.

MUSKERWIL Tahun 2024 juga mengamanati agar pelaksanaan MUSKERWIL 2025 memfasilitasi adanya seminar paralel.

#unggul dan berkarya.

KELUAR