Kamis (28/11/19) Komunitas Penalaran Riset MIPA telah berhasil mengadakan Festival PKM se-MIPA yang dikenal sebagai FESPA. Festival PKM se-MIPA diadakan karena komunitas Penalaran Riset MIPA menyadari perlu adanya tindakan nyata untuk menyiapkan, mematangkan, dan melatih iklim kompetisi PKM di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman. FESPA diharapkan dapat memberi motivasi kepada  seluruh mahasiswa/i FMIPA untuk mengirimkan delegasi PKM yang lebih banyak lagi setiap tahunnya. Jumlah proposal yang masuk pada FESPA tahun 2019 mencapai 29 proposal dari 29 kelompok . Acara FESPA diselenggarakan di aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari pukul 08.00 – 15.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh para juri/reviewer yang terdiri dari Bapak Uyi Sulaeman, S.Si., M.Si,. Ph.D, Bapak Dr. Jajang, M.Si. , Bapak Dr-Eng Mukhtar Effendi, S.Si , dan Bapak Farzand Abdul Latif, S.Si., M.Si., Ph.D. Dihadiri oleh Ibu Dr. Santi Nur Handayani, S.Si., M.Si sebagai perwakilan koordinator PKM MIPA, Wakil Dekan Bidang Kemahasiwaan dan Kerjasama Alumni Bapak Roy Andreas, M.Si., Ph.D dan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Bapak Sunardi, S.Si., M.Si yang sekaligus membuka acara.

Acara Festival PKM se-MIPA diawali dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua Umum Komunitas Penalaran Riset MIPA, Yusuf Mathiinul Hakim yang menyampaikan tentang harapan Festival PKM MIPA selanjutnya dapat didukung sepenuhnya oleh segenap elemen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam. Sambutan yang kedua disampaikan oleh Dekan Fakultas MIPA, Bapak Sunardi, beliau menyampaikan “Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan fakultas yang memiliki potensi untuk menciptakan karya ilmiah yang mampu menjuarai banyak event di tingkat nasional maupun internasional. Sehingga, kita harus tetap mendukung para mahasiswa yang ingin mengembangkan diri melalui dukungan dana dan penyelenggaraan kegiatan yang  kaya akan manfaat. Kegiatan FESPA harus tetap kita dukung juga, tahun depan acara ini harus berlangsung dengan lebih baik lagi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam akan dikerahkan untuk lebih memfokuskan peningkatan pendanaan dalam bidang PKM, persiapan ON MIPA, dan perlombaan LKTI”.

Setelah sambutan-sambutan terdapat penyampaian evaluasi proposal oleh reviewer, pembacaan tata tertib oleh panitia penyelenggara dilanjutkan dengan presentasi oleh peserta. Acara yang terakhir yaitu pengumuman pemenang oleh juri. Festival PKM se-MIPA tahun 2019 dimenangkan oleh Lidya Cahyo Bawono (Kimia 2017) sebagai ketua dengan dua anggota kelompoknya yaitu Iji Abdul Aziz (Kimia 2018) dan Ajeng Nurrohmah (Kimia 2018) dengan PKM yang berjudul “ NADAKU (Nano Partikel Kitosab Daun Kenitu) Sebagai Antikanker”

Semoga dengan diadakan Festival PKM MIPA setiap tahunnya dapat membangkitkan jiwa kompetisi para mahasiswa/i Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam membuat PKM dnegan ide yang sekreatif mungkin.

 

Maju Terus Pantang Mundur!!!