|
Saturday, 27 Apr 2024
  • PERKULIAHAN (Semester GENAP 2022/2023): 13 Februari - 16 Juni 2023
X

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pendidikan FMIPA Unsoed

Hari ini, Jumat Manis (Sweet-Friday), 9 Juni 2023 menjadi catatan sejarah bagi Civitas Akademika FMIPA Unsoed yaitu dengan dilakukannya peletakan batu pertama pembangunan Gedung Pendidikan FMIPA Unsoed. Harapan akan berdirinya gedung tersebut telah dirintis sejak dua tahun yang lalu, namun mimpi FMIPA memiliki gedung perkuliahan sendiri yang sangat representatif telah menghuni benak Bapak Rektor Unsoed saat ini (Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq. M.Sc.Agr. IPU) sejak Beliau masih menjabat Dekan Fakultas Peternakan Unsoed. Pada saat itu,  —mengenang masa beberapa tahun ke belakang—, bertemulah Dekan FMIPA (Drs. Sunardi, M.Si.) dengan Rektor Unosed saat ini yang pada waktu itu menjabat sebagai Dekan Fakultas Peternakan membangun mimpi bersama agar kelak FMIPA dan Fak. Peternakan memiliki gedung perkuliahan yang representatif. Hal ini dilandasi oleh fakta bahwa pada masa itu mahasiswa FMIPA Unsoed masih harus melaksanakan perkuliahan dengan sharing gedung Laboratorium Riset.

Peresmian pembangunan gedung dengan acara peletakan batu pertama ini dilakukan oleh Rektor Unsoed yang didampingi Wakil-Wakil Rektor, Dekan FMIPA, dan seluruh Wakil Dekan FMIPA, para dekan dari seluruh fakultas di Unsoed serta ketua-ketua lembaga di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman, serta tamu undangan lainnya. Pembangunan gedung ini direncanakan dapat selesai dan diresmikan penggunaannya pada akhir Desember 2023.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Unsoed Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D melaporkan pencapaian-pencapaian FMIPA Unsoed dan keberhasilannya dalam mewujudkan target capaian. Selain itu juga dipaparkan target pengembangan FMIPA ke depannya, terkait infrastruktur, pembinaan SDM Dosen yang unggul, pembinaan Tenaga Kependidikan andal dan prestasi dan kualitas lulusan yang semakin tinggi.

Dalam pengarahannya, Rektor Unsoed berpesan agar berdirinya Gedung Pendidikan FMIPA Unsoed dapat mendorong dan menumbuhkan semangat seluruh dosen FMIPA untuk lebih tekun dalam berkarya, menambah capaian publikasi hasil riset, dan mengadakakan pengabdian kepada masyarakat berkelanjutan. Berdirinya gedung tersebut juga ditujukan untuk mendukung dan menyokong pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat mendongkrak pencapaiaian IKU 1,  yaitu kesempatan yang semakin luas untuk lulusan Unsoed dan khususnya lulusan FMIPA Unsoed dalam mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan.

Pembangunan gedung untuk Fakultas MIPA yang menelan biaya kisaran 21 milyar rupiah dengan toleransi 10% menjadi bukti kepedulian visioner Bapak Rektor sejak Beliau masih menjabat Dekan Fakultas Peternakan Unsoed hingga sekarang menjabat sebagai Rektor Unsoed. Untuk itu dipesankan agar berdirinya gedung ini kelak dapat membawa FMIPA menjadi fakultas yang layak dibanggakan.

Akhir acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustdaz M. Chasani, M.si., selaku Ketua DKM Masjid Ulil Albab FMIPA Unsoed. Mari kita bangun FMIPA Unsoed dengan satu visi dan satu arah tujuan.

-AP-

KELUAR